Visi, Misi dan Tujuan

Visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Ilmu Politik yang ada saat ini dikembangkan dari visi dan misi universitas dan fakultas. Penyusunan ini dilaksanakan oleh tim perumus yang ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Dekan, yang anggotanya terdiri dari dosen dan staf Program Studi Ilmu Politik. Tim perumus bertugas untuk mengumpulkan informasi dengan melibatkan seluruh dosen Program Studi Ilmu Politik, unsur pimpinan Fakultas, alumni, mahasiswa, stakeholder dan tim dari Universitas Syiah Kuala baik dalam Fokus Group Discussion maupun dari asesment pihak stakeholder yang ikut dalaam survey pengguna alumni.

Adapun Visi dari Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala adalah:

Menjadikan Program Studi Ilmu Politik sebagai pusat pengetahuan terkemuka yang menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dengan basis ilmu politik lokal, nasional dan internasional pada tahun 2025

Visi Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala ini direncanakan akan terwujud pada tahun 2025. Untuk memujudkan visi diatas Program Studi Ilmu Politik menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pendidikan Sarjana Ilmu Politik dengan penekanan pada kajian politik secara profesional dan inovatif untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas, memiliki keunggulan, kemandirian, bermoral, dan berakal.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang Ilmu Politik yang memiliki inovasi dengan penekanan pada isu-isu politik lokal, nasional, dan internasional yang kontekstual, memiliki keunggulan serta menjunjung tinggi integritas keilmuan.
  3. Mengembangkan program pengabdian masyarakat yang inovatif berbasis sumberdaya lokal untuk melahirkan sinergi antara universitas, swasta dan masyarakat guna meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

Setelah Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala menetapkan Visi dan Misi,  maka ditetapkan pula tujuan pengembangan Program Studi Ilmu Politik untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi sebagai berikut :

  1. Menghasilkan sarjana Ilmu Politik yang profesional dalam merespon perkembangan fenomena politik lokal, nasional maupun internasional.
  2. Meningkatkan kualitas program pengabdian masyarakat untuk mendukung pemberdayaan dan pembangunan daerah.
  3. Menjadi wadah thinktank pengembangan dan penelitian dalam disiplin ilmu politik.
  4. Menjadi pusat referensi akademik yang berorientasi kepada dinamika politik lokal Aceh khususnya di bidang konflik dan perdamaian, partai politik lokal, serta otonomi khusus.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala adalah:

  1. Sasaran tahun 2014-2015, melakukan pemantapan internal Program Studi Ilmu Politik dengan meningkatkan kuantitas dosen dan kualitas pembelajaran, sehingga mampu menghasilkan insan akademis yang unggul, profesional sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.
  2. Sasaran tahun 2015-2016, membangun Program Studi Ilmu Politik menjadi Program Studi yang mampu mengembangkan disiplin Ilmu Politik melalui kerjasama yang intensif dengan berbagai pihak (stakeholders).
  3. Sasaran tahun 2017-2025,  Program Studi Ilmu Politik mampu menunjang pembangunan nasional dengan menghasilkan lulusan ilmu Politik yang memiliki keunggulan di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka memecahkan masalah-masalah politik guna memberi kontribusi pada pembangunan masyarakat.

Strategi Pencapaian yang dilakukan dengan berdasarkan Rencana Strategis Universitas dan Fakultas, meliputi:

  • Merekrut dan mengembangkan kompetensi tenaga dosen yang memiliki keilmuan yang linear dengan disiplin ilmu politik.
  • Aktif terlibat dalam penelitian dan pengabdian masyarakat baik internal maupun eksternal kampus.
  • Menambah buku-buku dan jurnal maupun referensi penunjang lainnya dan menyediakan kemudahan akses informasi dalam bentuk multimedia.
  • Membangun komunikasi dengan pihak internal dan eksternal kampus mengenai pengembangan sarana dan prasarana.
  • Memberikan pelatihan, lokakarya, seminar dan konferensi bagi dosen dan staf administrasi Program Studi ilmu politik.
  • Penyusunan kurikulum sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dengan tidak melupakan nilai-nilai kearifan lokal.
  • Melakukan evaluasi kurikulum secara berkala dengan target lima tahun sekali, untuk memenuhi tuntutan global.
  • Mendorong mahasiswa Program Studi ilmu politik untuk meningkatkan penelitian akademis dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Melibatkan mahasiswa dalam program penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen.
  • Mendorong mahasiswa agar terlibat aktif dalam berbagai forum kegiatan kemahasiswaan, baik dalam tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  • Meningkatkan jaringan kerjasama dengan instansi luar baik lokal, nasional maupun internasional.
  • Aktif dalam menanggapi isu-isu sosial dan politik yang berkembang dalam masyarakat.

Download file PDF : Visi dan Misi