Aceh Timur – Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (Himapol) FISIP Unsyiah dan Persatuan Mahasiswa Keluarga Tanah Rencong (PMKTR) Surabaya bekerjasama untuk menggalang dan menyerahkan bantuan untuk pengungsi Rohingya, Rabu (01/07/2015). Bantuan ini diserahkan ke camp pengungsian Birem Bayeun, Aceh Timur.

Sebagian bantuan tersebut merupakan

bantuan dari mahasiswa dan masyarakat Aceh yang berada di Surabaya. Inisiatif penggalangan dana dilakukan di Surabaya setelah mengetahui kabar dari media bahwa warga Myanmar terdampar di Lhoksukon, Aceh Timur, Langsa serta Langkat.

Perwakilan mahasiswa dari PMKTR dan Himapol datang langsung ke lokasi pengungsian untuk menyalurkan bantuan berupa perlengkapan makanan, perlengkapan olahraga, pakaian dalam, serta tali pinggang yang diterima para relawan dilokasi di Posko bersama Birem Bayeun. Tim relawan juga akan berkunjung ke posko pengungsi di Blang Adoe, Kecamatan Makmur, Aceh Utara Kamis (02/07/2015).

Rifki, salah satu anggota PMKTR mengatakan bantuan yang mereka kumpulkan merupakan hasil dari penggalangan dana sejak mengetahui muslim Rohingya terdampar di Aceh beberapa bulan lalu.

“Kami mengetahui warga Rohingya terdampar di Aceh dari media beberapa bulan yang lalu. Namun hari ini bantuan baru bisa kami salurkan karena baru pulang ke Aceh beberapa hari lalu,” ungkap mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya ini yang pulang ke Aceh dan mengantar bantuan di lokasi dapur umum posko pengungsi di Kuala Langsa.

Sumber : http://atjehlink.com/index.php/2015/07/02/mahasiswa-fisip-unsyiah-dan-pmktr-surabaya-serahkan-bantuan-untuk-rohingya/